spontaneous

07, Januari 2020. 

Harusnya hari itu gue ke rumah sahabat gue buat meet up mumpung lagi sama sama libur. Singkat cerita jam setengah 10 pagi gue udah otw dari rumah, butuh sekitar 15-25 menit buat sampe ke rumah sahabat gue ini, tapi karena lalu lintas yang sepi, gue jadi ngebut aja dan alhasil jam 10 kurang sekian gue udah nyampe di daerah rumahnya. Tapi hari itu jadi hari yang sial banget buat gue karena apa, tiba-tiba banyak satpam dan bapak-bapak yang ngatur rute jalan gitu. Gue udah feeling nggak enak dong, dan fucked up nya lagi, rumah sahabat gue ini cuma berjarak 2 rumah aja dari lokasi pengalihan jalan dimana gue diharusin belok kanan sama bapak-bapak ini. Gue berhenti dong, terus ngomong sama bapak-bapak bermuka judes, "loh pak saya lurus aja gabisa nih?", Bapaknya nyaut, "nggak bisa, ayo belok sini", gue ngeyel lagi, "tapi itu rumahnya udah di depan situ pak tuh uda kelihatan" , bapaknya tetep nggak ngebolehin, katanya, "udah sini belok dulu" alhasil gue nurut belok kanan dan asli gue itu bingung banget dan gue nggak berhenti mengumpat dalam hati. Sial sial sial. Terus ini gimana caranya gue bisa kerumah sabahat gue kalau jalan menuju rumahnya di tutup semua dan dialihkan? Yang akhirnya gue nge gas aja keluar dari daerah situ langsung ke jalan utama buat cepet-cepet ngabarin sahabat gue kalau jalan kerumahnya dialihkan dan lain sebagainya.

Karena gue udah buntu banget, akhirnya terbesitlah ide untuk stay dulu di rumah temen yang agak deket lokasinya sama sahabat gue ini, pas gue chat, eh yang satu udah balik ke kota perantauan, yang satunya lagi belom balik ke kampung halaman. Makin memucuk lah kekesalan gue, sampai akhirnya gue inget ada temen gue yang baru pulang juga dari surabaya dan kayaknya dia dirumah. Alhasil gue ngabarin dia dan langsung nge gas motor buat kerumahnya. Rumah temen gue yang satu ini pagernya tinggi banget, ada bel nya tapi tangan gue nggak nyampe😭 (huhu, shortie out there who can relate?) Jadi gue call aja langsung, bilang kalau gue udah di depan rumahnya. Akhirnya ada tujuan juga gue hari ini, walaupun planning meet up sama sahabat gue udah gagal, gapapa masih ada hari yang lain, toh libur masih lama. Sekitar jam 10-an lebih gue nyampe dirumah temen gue ini. Dan jam 11-an gue memutuskan untuk cabut aja dari rumah temen gue ini karena gue emang dari awal cuma ngomong buat mampir bentaran doang. Sebenernya sih, mau balik lagi kerumah sahabat gue.. tapi feeling gue jalannya pasti masih di tutup juga, dan bodohnya kenapa gue tuh nggak nge cek hape sama sekali, tuh hape gue diemin aja di tas saking asiknya ngobrol bareng temen. Padahal sabahat gue udah nelfonin di semua platform dan nge spam chat juga. Gue aja baru tahu jam 12-an pas gue akhirnya ngecek hape.

Jam 11 gue udah di jalan menuju pulang tapi di tengah jalan gue males banget pulang karena udah pamit ke orang rumah bakalan pulang agak sorean lah itu masih jam segitu. Jadi disaat seharusnya gue belok kanan, gue malah lurus aja, gatau kemana pokonya lurus aja sampai akhirnya memutuskan buat nonton, perjalanan sekitar sejaman karena ada spot spot yang lumayan macet. Jam 12 kurang 10 menit gue sampe di mall dan langsung melangkahkan kaki ke xxi [planning nya] tapi apalah, manusia berencana tapi Tuhan yang menentukan, begitu lihat miniso jiwa lapar mata ku muncul, ditambah lagi ketrigger inget kemaren di twitter ada lippies product yang warnanya cantik banget. Akhirnya belok dulu kesana, setelah nge swatch-swatch dan milih-milih warna yang sekiranya bagus [semuanya bagus] tapi tetep, aku harus memilih karena nggak mungkin semuanya aku beli huhu. Belilah 2 buah [aww merasa senang] barulah aku melangkahkan kaki ke xxi dan membeli tiket. Pilihan film jatuh ke Imperfect karena film-filmnya Ernest nggak ada yang jelek. Padahal niatnya di jalan tuh mau nonton Kale lagi tapi ku yakinkan pada diriku sudahlah, nggak boleh maruk, sudah nonton kale 2 kali, sekarang waktunya nonton Reza Rahardian yang sukses banget memerankan Dika di film ini, jadi pengen punya pacar kayak Dika...


Enaknya pergi pergi sendiri tuh yah, bebas. Mau jadi manusia versi apapun tuh enak aja, liat-liat barang juga semau kita, ga perlu nyatuin pikiran mau kemana dulu nih, makan apa nih, beli apa nih. Goes on aja karena ya semau mau gue. Abis nonton langsung mampir ke clothing store dulu, dari kemarin emang pengen banget beli hoodie atau sweater biar ga itu itu mulu yang di pake, maklum tempat di mana gue kuliah tuh panas banget. Bisa gosong gue kalau berkendara tanpa jaket. Akhirnya dapetlah, satu dan pas banget juga ukurannya udah L karena emang suka yang oversized. Tapi mas-masnya nyeletuk dong, "ukurannya bisa ganti kak, kalau itu kebesaran, s juga masih ada kok", terus gue yang kayak nge batin, gila? S? Perasaan gue ngga sekecil itu deh😭. Langsung aku nyaut ke mas nya, "ohh ngga papa mas, emang nyari yang oversized kok", dia bales lagi, "ohh iya, bisa dicoba dulu kok kak ke kamar pas, kalau kegedean banget kan juga ngga cocok, bisa dituker ke m nanti", dan akhirnya gue iyain aja dan langsung gue coba ke fitting room. Dan iya, Gede. Tapi ngga papa kan emang nyari yang oversized gini.

Setelah riding sendirian, nonton sendirian, belanja sendirian, makan sendirian jadi makin enjoy sama diri sendiri. Dan gue jadi paham, likes to be alone doesn't mean that you're lonely. Gue kalau lagi suntuk-suntuknya di surabaya, paling nyiapin duit 20 ribu udah cukup banget buat me time. 20 ribu itu udah buat parkir sama ntar bakal beli thai tea di amk terus masuk deh ke gramed, bukan buat beli buku tapi baca buku, bahkan bisa abis beberapa buku kalau lagi eager to read banget, nggak perlu beli kan ada sample😂. Waktu sendirian ini juga gue pake buat lebih menikmati hidup, seperti hal nya Henry David Thoreau di bukunya, Walden. Tapi gue ga se ekstrim dia yang sampe built his own cabin in the wood and raised his own food. Selepas baca buku ini Gue jadi yakin kalau life can be easy and pleasant if your wants are simple. Kalau hari itu gue terus terusan menggerutu dan ngomel perihal kenapa jalan harus ditutup dan dialihkan, rencana yang gagal, ini, itu, complicated lah pokonya, maka instantly that day would be a horrible day. And it would lead to problems that I had created myself, bakalan timbul masalah yang kita ciptakan sendiri. Contohnya gue, yang tadi di awal rencananya senang-senang sama sahabat dihancurkan oleh setitik unplanned occurrence jadi buyar. Jadi kesel. Jadi ngerasa yang paling menderita dan banyak masalah. Oh wow, what a human. Realize it or not, we create many of our own problems by wanting things we can't get. But I chose to reverse. Yeah, I got that I didn't get the opportunity to meet up with my best friend but I got the others, it can be understandings as well as experiences, in my case, I got experiences as well as lipsticks and hoodie.


Whomever you are who willingly read this, thanks! Have a good day😉🖤


Sincerely,
Mellyna Diniar 

Comments

Popular Posts